Rabu, 17 Februari 2016

Fungsi Kondensor dalam Pembangkit Listrik Tenaga Uap



Kondensor adalah peralatan yang berfungsi untuk mengubah uap menjadi air. Prinsip kerja Kondensor proses perubahannya dilakukan dengan cara mengalirkan uap ke dalam suatu ruangan yang berisi pipa-pipa (tubes). Uap mengalir di luar pipa-pipa (shell side) sedangkan air sebagai pendingin mengalir di dalam pipa-pipa (tube side). Kondensor seperti ini disebut kondensor tipe surface (permukaan). Kebutuhan air untuk pendingin di kondensor sangat besar sehingga dalam perencanaan biasanya sudah diperhitungkan.
Air pendingin diambil dari sumber yang cukup persediannya, yaitu dari danau, sungai atau laut. Posisi kondensor umumnya terletak dibawah turbin sehingga memudahkan aliran  uap keluar turbin untuk masuk kondensor karena gravitasi.

Laju perpindahan panas tergantung pada aliran air pendingin, kebersihan pipa-pipa dan perbedaan temperatur antara uap dan air pendingin. Proses perubahan uap menjadi air terjadi pada tekanan dan temperatur jenuh, dalam hal ini kondensor berada pada kondisi vakum. Karena temperatur air pendingin sama dengan temperatur udara luar, maka temperatur air kondensatnya maksimum mendekati temperatur udara luar. Apabila laju perpindahan panas terganggu, maka akan berpengaruh terhadap tekanan dan temperatur.


SYSTEM PEMELIHARAAN PADA CONDENSER



Pemeliharaan yang sering dilakukan pada condenser antara lain :

a. PM ( Preventive Maintenance ) yaitu check level baik sisi control maoaupun sisi mekaniknya

b. Check kondisi semua flange yang berhubungan dengan vacuum maupun sisiwaternya.

c. Check kwalitas air hot wall ( kemungkinan dapat tercampur dengan air laut bila terjadi tube condenser bocor )

d. Corrective dapat dilakukan bila tube bocor dengan mematikan salah satu sisi tube

e. Bila kondisi overhoule atau pekerjaan pada saat unit mati dilakukan cleaning tube dan juga test kebocoran dengan cara hydraulic pressure dengan media uadara maupun air , eddy current , PT check untuk sisi dinding tube ( tube baffle ).

SYSTEM PENGAMAN PADA CONDENSER

Sistem pengaman sangatlah penting pada semua peralatan rotating maupun non rotating . pada condenserpun juga terpasang system pengaman antara lain :

a. Level low dan High

b. Temperatur High , tapping ini terpasang pada sisi LP turbin

c. Vaccum breaker

d. Vacuum Low

Demikianlah sekilas tentang kondensor yang sering kita jumpai dalam system pembangkitan listrik tenaga uap. semoga artikel ini bermanfaat. --klikinfoinfo--

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower chiller dan waste water treatment ,evapator Oli Industri defoamer dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA 081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus