Kamis, 11 Februari 2016

Petai buah berbau tapi kaya manfaat




Meski berbau tak sedap ketika dimakan, banyak orang tetap menyukai petai sebagai lalapan, sambal, atau pelengkap masakan. Selain rasanya enak, jenis polong-polongan ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah manfaat petai yang mampu mengendalikan gula darah. Sehingga bagi Anda yang menderita diabetes tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsinya.

Leona Victoria Djajadi selaku ahli gizi menjelaskan manfaat petai untuk kesehatan. Kandungan antioksidan pada petai cukup banyak. Karena termasuk keluarga polong-polongan (legume), petai merupakan sumber karbohidrat dengan indeks glikemik rendah atau karbohidrat kompleks.

Victoria menambahkan, bahwa suku polong-polongan yang memiliki nama latin Parkia speciosa ini juga kaya akan protein, serat, dan mengandung sedikit lemak. Selain itu, petai menjadi sumber nabati mineral yang diperlukan tubuh seperti kalsium, potasium, dan fosfor.

Kelebihan petai juga ada pada senyawa thioproline. Victoria menjelaskan senyawa thioproline tersebut adalah zat antikarsinogenik yang baik bagi tubuh. Hanya saja thioproline perlu diaktivasi dengan cara merebus petai atau diolah lebih lanjut sebelum dimakan.




“Bagi para penderita diabetes petai bisa membantu menurunkan gula darah sehabis makan. Namun hal ini tidak terjadi pada orang yang dalam kondisi sehat,” jelas Victoria.

Victoria menambahkan sampai saat ini tidak terdapat batas maksimum atau upper level dalam mengonsumsi petai. Meski begitu, petai juga tidak baik dikonsumsi berlebihan karena mempunyai efek samping, salah satunya dapat membahayakan ginjal.

Untuk itu, jika ingin mengonsumsinya sebagai pengendali gula darah silahkan konsultasi dengan dokter Anda untuk memastika berapa batas maksimum yang boleh dikonsumsi. Semoga artikel mengenai manfaat petai sebagai pengendali gula darah ini bisa bermanfaat, Salam Sehat!.

Sumber :  tanamanobatku.org

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar